Lari Rintangan (Obstacle Race) Do and Don’t – Part 1

spartanstart

Sumber: DoEpicRuns

Ikut lomba lari sudah biasa, tapi kalau kamu ikut obstacle race alias lomba lari dengan rintangan, itu luar biasa!
Dibandingkan dengan lomba lari konvensional, lari dengan rintangan secara fisik sudah sangat menantang, tapi juga sangat fun dilakukan. Lari sejauh 10K tidak terasa jauh dan melelahkan. Bayangkan kapan lagi kita sebagai orang dewasa bisa bermain dengan kubangan lumpur? Rasanya hampir tidak pernah.
Berikut beberapa tips apa saja yang sebaiknya dilakukan dan apa yang dihindari selama mengikuti lari dengan rintangan.

SEBELUM PERLOMBAAN

Lakukan Latihan Dengan Rutin
Bagi sebagian orang menganggap jika sudah rutin lari, maka saat lomba lari dengan rintangan, maka tidak perlu berlatih lagi. Salah banget! Karena di event ini, kami harus melewati banyak rintangan selain lari. Seperti memanjat tali, berenang, dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya ikuti juga latihan di gym dan crossfit.
Jangan Lupa Untuk Sarapan 
Lari dengan rintangan pastinya butuh tenaga lebih banyak daripada lari biasa. Jadi pastikan kamu sudah cukup makan sebelum berlomba.
Jangan Sampai Terlambat
Perlombaan di pagi hari biasanya cukup hectic. Oleh karenanya datanglah 90 menit sebelum lomba. Karena kamu harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dan juga pemanasan.

Apa Yang Harus Dipakai?

Jangan Pakai Baju Kesayangan
Lari rintangan salah satunya kamu akan melewati kubangan lumpur. Pastinya pakaian yang digunakan akan penuh lumpur. Memang bisa dicuci, tapi akan ada nodanya. Sebaiknya buang saja setelah ikut lomba ini.
Gunakan Pakaian Sewajarnya
Sebaiknya pakai pakaian yang ketat. Karena ada banyak kemungkinan pakaian akan tersangkut pada rintangan yang kita lalui, seperti kawat berduri. Kamu bisa memilih menggunakan celana panjang, namun beberapa orang lebih suka celana pendek, karena saat melakukan rintangan, celana panjang dianggap sebagai penghalang. Namun tentunya ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.
Jangan Pakai Sepatu Baru
Sepatu yang akan digunakan di event ini biasanya akan robek. Jadi simpan sepatu kamu yang bagus untuk perlombaan lari konvensional. Gunakan sepatu lama namun masih nyaman dipakai. Setelah selesai lomba, sepatu bisa dicuci dan digunakan untuk event sejenis ini. Atau bisa saja disumbangkan jika memang masih layak pakai.
Sumber: DoEpicRuns.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s